Berkunjung ke Derawan, Wisata Menawan dan Rupawan

Jika berbicara soal wisata bahari, pasti ingatan kita tertuju pada Bali, Raja Ampat, hingga Sulawesi. Sedangkan Kalimantan lebih identik dengan aktivitas tambang dan wisata ke pedalaman hutan. Padahal, ada satu sudut yang menyuguhkan  pesona bahari dengan keragaman hayati yang nggak kalah dari tempat lain. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata di Kepulauan Derawan dan sekitarnya yang akan membuat liburanmu makin berkesan.

1. Pelabuhan Pulau Derawan

Pelabuhan Derawan [image source]

Indonesia adalah negara kepulaun yang kaya dan terkenal berkat lautannya. Beberapa tempat bahkan digadang-gadang akan menjadi situs warisan dunia UNESCO. Upaya mendapat pengakuan internasional tersebut telah dilakukan sejak tahun 2005. Tidak heran memang, karena Kepulauan Derawan memiliki kekayaan alam bawah laut paling melimpah ketiga di dunia setelah Raja Ampat.

Pelabuhan Derawan [image source]

Untuk sampai di Derawan kamu harus menempuh perjalanan menuju Pelabuhan Tengkayu 1 dari pusat Kota Tarakan. Perjalanan dilanjutkan dengan menumpang kapal atau speedboat selama tiga jam. setelah itu, kamu akan sampai di Pelabuhan Pulau Derawan yang menyuguhkan hamparan pasir laut yang luas. Beberapa penginapan di sana didirikan di atas laut, jadi kamu bisa snorkeling di bawahnya. Seru sekali pastinya ya.

Lokasi : Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

2. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban Derawan [image source]

Setelah puas menikmati pemukiman dan berinteraksi dengan penduduk setempat di Pulau Derawan, kamu mulai  petualangan baharimu dari Pulau Kakaban. Letak pulau tersebut masuk dalam wilayah  Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Hal menarik yang ada di Pulau Kakaban adalah danaunya yang terbentuk dari air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah.

Pulau Kakaban Derawan [image source]

Hal itu membuat Danau Kakaban ditinggali oleh biota laut yang beragam. Tentu kamu bukan hanya bisa menikmati keindahan laut dari daratan saja, coba untuk menyelam dan mengintip bagaimana kecantikan bawah lautnya. Ada banyak sekali ubur-ubur di antaranya ada jenis  golden Jellyfish dan Moon Jellyfish. Jika datang saat air laut surut kamu akan bisa menikmati pesona Kehe Daeng yang artinya Lubang Ikan. Terumbu karang dan bintang laut bahkan bisa kamu sentuh dengan mudah.

Lokasi : Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

3. Pulau Maratua

Pulau Maratua [image source]

Danau Kakaban yang telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2004 memang keren, ada destinasi wisata lain yang juga nggak kalah menarik. Kamu bisa melanjutkan liburanmu ke kawasan Pantai Maratua. Jika di Kakaban kamu melihat ribuan ubur-ubur, maka di Maratua kamu bisa menyaksikan penyu karena lokasi tersebut adalah salah satu jalur yang kerap dilintasi oleh penyu.

Pulau Maratua [image source]

Untuk membuktikan pesona bawah laut Maratua, kamu bisa menyelam dengan didampingi oleh pemandu. Letak Pulau Maratua ini ada di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur dan merupakan salah satu Pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan wilayah Malaysia.  Selain wisata selam ada juga pemandangan Danau Haji Buang dan Danau Tanah dengan keindahan alam istimewa.

Lokasi : Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

4. Pulau Sangalaki

Pulau Sanggalaki [image source]

Pulau Sangalaki wajib juga kamu masukan dalam daftar kunjungan wisata ketika ada di Kepualaun Derawan. Sebuah Daratan seluas 15,9 hektare menyuguhkan keindahan yang mempesona dengan lagon yang dangkal ditumbuhi  karang dan lamun. Di Sekitar pulau terdapat taman laut yang bisa diselami. Biota laut yang paling terkenal dari perairan Pulau Sangalaki adalah ikan pari manta (Manta birostris). Ada beberapa titik menyelam yang sudah terkenal di antara para wisatawan. Mulai dari Channel Entrance, Coral Gardens, Turtle Town, Sandy Ridge, Manta Run, hingga Manta Parade.

Pulau Sanggalaki [image source]

Selain itu, penyu hijau dan penyu sisik juga ada di sini. Kadang banyaknya plankton juga bisa menghalangi pandangan saat menyelam, bahkan bisa menyebabkan gatal-gatal. Jika kamu mengalaminya, sebaiknya jangan digaruk. Kamu bisa segera membilas tubuh dengan air tawar untuk mengatasi rasa gatal akibat plankton tersebut. Setelah paus menyelam, sempatkan untuk melihat tukik atau penyu kecil yang baru menetas.

Lokasi : Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

5. Pulau Samama

Pulau Samama [image source]

Bisa dibilang Pulau Samama adalah salah satu pulau terkecil yang jadi bagian dari Kepulauan Derawan. Tidak banyak yang tahu soal keberadaan pulau ini seakan namanya sudah dilupakan dan sering dilewatkan oleh para wisatawan. Padahal ada sisi keindahan tersendiri yang ditawarkan oleh Pulau Samama. Letaknya ada di antara Pulau Sangalaki dan Pulau Derawan.

Pulau Samama [image source]

Kamu bisa mengelilingi pulau dan menyaksikan keindahan hutan bakau dengan air laut yang jernih. Bahkan kamu bisa menerawang jauh sampai ke dasarnya. Berenang atau menyelam di perairan sekitar Pulau Samama tidak diperkenankan karena terdapat banyak sekali pari yang bisa menciderai.

Lokasi : Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

6.  Kehe Daing

Kehe Daing [image source]

Tempat ini adalah salah satu magnet wisata Derawan, yaitu laguna berair jernih sebening kaca. Posisinya ada dalam satu kawasan dengan Kakaban, tepatnya di bagian belakang danau ubur-ubur tanpa sengat itu. Kamu bisa berangkat dari Pulau Derawan dengan naik kapal nelayan. Penduduk setempat juga akan dengan senang hati menjadi pemandumu hingga sampai di Kehe Daing. Tentu saja, snorkeling di tempat ini adalah kegiatan paling seru.

Kehe Daing [image source]

Lokasi : Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Itulah beberapa objek wisata Derawan. Sungguh suatu perjalanan wisata yang menawan dan mengesankan, setuju?

sumber : travelingyuk.com

Mau liburan, tapi lagi bokek?

Temukan disini berbagai paket liburan hemat ke berbagai destinasi favorit yang nggak bakal bikin kantong jebol